Bazar Cinta Ramadhan 1438 H Santuni 200 Anak Yatim

Lifestyle
Typography

 

C&R Digital -- Hampir 20 tahun Cek & Ricek menyelenggarakan acara Cinta Ramadhan (Ciram). Tahun ini Ciram diselenggarakan atas kerjasama dengan Ikatan Wanita BRI dan Koperasi Swakarsa BRI bertajuk Bazar Cinta Ramadhan 1438 H. Acara digelar di selama lima hari Lapangan Olahraga BRI Pusat, Jalan Sudirman, Jakarta, Senin (12/6) sampai Jumat (16/6).

Pada acara penutupan, Direktur Marketing  Cek & Ricek H. Marah Sakti Siregar, dan Ketua Ikatan Wanita BRI (Iwabri) Yenny Rachman menyerahkan santunan kepada 200 anak yatim dari Yayasan Yatim Piatu Al Falah, Bendungan Hilir, Jakarta.

“Menyantuni anak yatim di bulan Ramadhan merupakan perbuatan yang sangat mulia dan danjurkan oleh Nabi. Kami juga berharap doa dari anak yatim,” kata Marah Sakti Siregar.

Penutupan Bazar Cinta Ramadhan 1438 H diawali dengan penampilan beberapa karyawan BRI, diiringi grup band Bojes & Friends. Selain mereka, turut tampil anggota Majelis Taklim Sakinah BRI membawakan lagu-lagu qasidah.

Berseragam busana muslim warna biru telor asin dipadu hijab motif bermotif bunga, 12 ibu anggota Majelis Taklim Sakinah BRI melantunkan lagu -- antara lain -- Ya Rasulullah Salamualaika, Cinta Rasul dan Salawat Badariah.

Dalam sambutannya, Marah Sakti Siregar mengatakan, Ciram diselenggarakan Cek & Ricek setiap tahun sejak 1999 silam. Di awal penyelenggaraannya, Ciram digelar sangat sederhana dengan mengajak sejumlah artis untuk berbuka puasa, bersama anak-anak yatim di masjid-masjid di sekitar kantor Cek & Ricek di kawasan Meruya Ilir, Jakarta Barat. Sebelum buka puasa, acara diawali dengan obrolan puasa (Opus) seputar makna dan hakikat ibadah puasa.

Pelan tapi pasti, acara yang semula dirancang sebatas lingkungan intern itu, ternyata mulai mencuri perhatian banyak kalangan, termasuk para sponsor. Dalam perkembangan selanjutnya, Ciram tak cuma sebatas acara buka puasa bersama, tapi melebar dengan program, lingkup, dan materi yang lebih luas.

“Ide ini berhasil menginspirasi sejumlah artis seperti Dorce Gamalama dan Sahrul Gunawan untuk memberikan santunan kepada anak yatim. Dorce bahkan kemudian mendirikan yayasan yatim,” kata Marah  Sakti.

Para pengurus Iwabri menyampaikan sukacitanya bisa menggelar Bazar Cinta Ramadhan 1438 H. Menurut Rena, salah seorang pengurus Iwabri, acara sukses diikuti banyak pedagang dengan transaksi hampir setengah miliar rupiah.

Kegembiraan yang sama juga disampaikan pengurus Koperasi Swakarya  BRI Ariyono. Ia berharap kerja sama dengan Cek & Ricek dalam program Ciram bisa berlanjut pada tahun-tahun mendatang.

Menjelang azan Magrib, Ustaz Zacky Muhammad memberikan ceramah. ia mengupas tentang orang-orang yang dirindukan surga. Antara lain mereka yang berpuasa di bulan Ramadhan, orang yang gemar memberi bantuan kepada orang miskin, yang getol membaca Al Quran, dan mereka yang tidak pernah menjelekan orang lain.