Puasa dan Ibu Hamil (2)

Lifestyle
Typography

 

C&R Digital - Namun, ada beberapa penyakit yang mengharuskan ibu hamil tidak dianjurkan berpuasa karena bisa mengganggu kesehatan ibu dan janinnya. “Penderita DM (diabetes melitus) dan hipertensi dianjurkan tidak berpuasa. Penderita DM tanpa puasa saja sudah susah mengatur dietnya, apalagi kalau puasa,” ujar dr. Doddy.

Kalau ibu hamil dengan kondisi DM tetap nekat puasa maka hal itu bisa membahayakan bayi yang dikandungnya. Karena fase tidak makan selama puasa itu bisa menyebabkan hipoglikemi atau kekurangan darah gula secara mendadak. Kalau hal ini terjadi maka si ibu bisa pingsan bahkan koma. “Kalau si ibu mengalami hipoglikemi, maka hal itu bisa menggangu pertumbuhan pada janin. Bisa mengakibatkan lahir prematur, keguguran, hingga gangguan-gangguan buruk pada bayinya nanti,” paparnya.

Menurutnya, kalau secara medis sudah menderita DM sebelum kehamilan atau sesudah ke hamilan, maka si ibu hamil tersebut akan dianjurkan tidak berpuasa.

Selain DM, ibu hamil yang menderita hipertensi juga dianjurkan tidak berpuasa, baik ibu hamil yang menderita hipertensi essensial atau kronik, yakni sudah menderita darah tinggi sebelum kandungan berusia 20 tahun, maupun yang menderita hipertensi dalam kehamilan (HDK) atau hipertensi yang didapat sesudah usia kandungan 20 minggu.

Kalau si ibu memaksakan untuk berpuasa, maka justru akan membahayakan bayi dan bisa mengakibatkan bayi prematur. “Hipertensi itu cepat pusing, cepat lelah, menggigil, dan menyebabkan oksigen dan nutrisi ke bayi juga berkurang. Jadi kalau memaksakan puasa justru bisa membahayakan bayinya,” kata dr. Doddy.

Khusus untuk ibu-ibu yang hamil pertama kali, dan mengalami preclamsia atau keracunan kehamilan, juga berbahaya kalau memaksa untuk berpuasa. “Bayi bisa prematur,” ujar dr. Doddy.

Preclamsia umumnya terjadi pada usia kandungan lebih dari 20 minggu, dengan tanda-tanda tensi darah tinggi, positif protein pada air seni, dan kaki bengkak.

 

BACA JUGA : 

Hardi Fadhillah, Main Burung Lepas Penat

Julia Roberts Deg-Degan Ketemu Ronaldo

Membabi Buta, Debut Thriller Prisia Nasution