Tetap “Garang” Selama Puasa (1)

Lifestyle
Typography

C&R Digital - Datangnya bulan Ramadan disambut jutaan umat Islam dengan penuh sukacita. Mereka memanfaatkan momentum puasa sebagai ajang untuk meningkatkan kualitas ibadah. Keinginan untuk makin mendekatkan diri pada Sang Khalik itu tentu saja menuntut kesehatan tubuh. Berikut tips tetap bugar selama puasa yang dirangkum dari berbagai sumber.

Tanpa disadari ibadah puasa yang dijalani selama 29 atau 30 hari akan membuat pola makan menjadi lebih teratur. Dengan puasa, sistem pencernaan mendapat kesempatan untuk beristirahat, sekaligus membersihkan diri dari zat-zat merugikan yang ngendon di usus, kandung kemih, paru-paru, dan bahkan kulit. Puasa juga akan mengubah simpanan lemak dalam tubuh menjadi energi.

Selama puasa, kesempatan untuk mengonsumsi makanan dan minuman hanya setelah berbuka puasa hingga saat makan sahur. Karena itu, manfaatkan waktu tersebut untuk memberikan asupan nutrisi yang mencukupi bagi tubuh.

Ada kenyataan yang sulit dimungkiri, mereka yang menjalani ibadah puasa justru terjebak kebiasaan makan berlebih. Meskipun kondisi perut kosong di siang hari, namun menjejalinya setelah berbuka sebagai upaya “balas dendam” bisa berakibat buruk.

Dengan berpuasa bukan berarti mengurangi aktivitas. Yang harus dilakukan adalah menjaga bagaimana kondisi tubuh tetap pada kondisi fit dan normal.

 

BACA JUGA : 

Victoria Beckham, Rahasia Keluarga Harmonis

Chrissy Teigen, Sekolah Kecantikan Gratis

Camila Cabello, Lagu untuk Imigran