Jangan Remehkan Bau Mulut saat Berpuasa (3)

Lifestyle
Typography

 

C&R Digital - Hal yang patut diwaspadai adalah bau mulut setelah buka puasa. Apabila hal itu berlanjut seusai Ramadan, maka perlu berkonsultasi secara medis. Sebab, bau mulut saat tidak berpuasa bisa mengindikasikan penyakit lain yang terdapat pada organ-organ tubuh.

Penyakit Dalam

Hal yang patut diwaspadai adalah bau mulut setelah buka puasa. Apabila hal itu berlanjut seusai Ramadan, maka perlu berkonsultasi secara medis. Sebab, bau mulut saat tidak berpuasa bisa mengindikasikan penyakit lain yang terdapat pada organ-organ tubuh.

Penyakit dalam yang bisa terindikasi pada bau mulut, di antaranya terkena bakteri tuberkolusis (TBC paru), diabetes yang tidak terkonrol, penyakit ginjal kronis, tonsillitis, sinusitis, penyakit liver serta kelainan fungsi pencernaan.

Apabila rongga mulut sehat tetapi bau mulut tercium tidak sedap, bisa jadi Anda terkena salah satu penyakit tersebut. Hal yang patut diwaspadai apabila bau mulut tidak sedap berhubungan dengan lambung. Sebab, bau mulut juga bisa mengindikasikan ada kanker usus 12 jari, atau kanker lambung.

Begitu pula apabila terinfeksi paru-paru. Pada penderita bronchiectasis, dahak yang lama tertahan di dalam paru-paru, juga akan menyebarkan bau mulut tak sedap. Bahkan, gejala flu juga menyebabkan bau mulut tak sedap.

Demikian halnya apabila terkena infeksi pada rongga sinus (sinusitis) atau ada benda asing yang tersangkut di rongga hidung, juga mampu menyebarkan bau tidak sedap. Gangguan pada hati akan menyebabkan bau mulut tercium amis, dan gangguan ginjal juga mengakibatkan bau mulut tercium pesing.

Oleh karena itu, Anda perlu memerhatikan bau mulut secara baik dan benar. Apabila ingin puasa dengan bau mulut yang minimal, maka rawatlah gigi dan mulut secara baik serta benar. Tetapi seusai puasa tetap tercium bau tidak sedap, tidak ada salahnya konsultasi secara medis.

 

BACA JUGA : 

Karena Status Instagram, Mantan Istri Deddy Corbuzier Dilaporkan ke Polda Metro Jaya

Tiga Karakter Baru di Ayat Ayat Cinta 2

Boyzlife, Konser untuk Penggemar Boyzone dan Westlife di Indonesia