Waspadai Jajanan Lebaran

Lifestyle
Typography

C&R Digital - Tradisi hari kemenangan seringkali ditafsirkan bebas mengonsumsi apa pun. Padahal, tidak semua makanan maupun minuman khas Lebaran baik untuk kesehatan.

Masih berkaitan dengan berbagai hidangan Lebaran, tradisi hari kemenangan seringkali ditafsirkan bebas mengonsumsi apa pun. Padahal, tidak semua makanan maupun minuman khas Lebaran baik untuk kesehatan.

Seperti halnya kue nastar, kacang mete goreng, maupun jajanan lainnya hingga opor, tidak bisa disantap sembarangan. “Makan berlebihan dan kurangnya aktivitas fisik yang memadai akan mendongkrak kolesterol, gula darah, berat badan meningkat, dan sebagainya,” ungkap Dr. Inge Permadhi, M.S., Sp.G.K.

Waspadailah makanan yang walau sedikit tetapi memiliki kandungan kalori yang tinggi, seperti gorengan, cake, dan snack. Begitu pun makanan maupun minuman yang mengandung kadar gula tinggi seperti sirup, soft drink, maupun kue tart.

Waspadai juga makanan yang menjadi sumber kolesterol seperti seafood dan kuning telur maupun sumber lemak trans yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat seperti berbagai hidangan yang digoreng.

Saran Inge, nikmatilah hidangan Lebaran tidak dalam jumlah berlebihan atau makanlah sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, makanlah selalu dengan komposisi zat gizi yang sehat dengan tetap tidak melupakan sayur dan buah. “Kenali juga rasa kenyang. Dan, yang juga penting, jangan lupa beraktivitas,” ujarnya.

 

BACA JUGA : 

Kesenian Indonesia di Pentas Hollywood

Arie Untung: Bunga Ungkapkan Rasa Cinta

Film Selebgram: Susahnya Jadi Selebgram