Khasiat Blewah vs Timun Suri (1)

Lifestyle
Typography

 

C&R Digital - Blewah dan timun suri memang tidak hanya ada saat bulan puasa. Tetapi, hanya pada waktu itu saja keduanya menjadi buah yang paling populer dijajakan dan dicari. Blewah dan timun suri bahkan diidentikkan sebagai buah khas Ramadan dan Lebaran yang biasa disantap saat berbuka puasa.

Mereka yang datang dari budaya Jawa bagian timur biasanya lebih doyan blewah. Daging buahnya yang kriyes-kriyes dan manis lazim disantap sebagai menu buka puasa paling favorit. Olahannya bisa sekadar dikerok dan dicampur sirup maupun gula pasir, atau ditambahkan serutan es batu.

Sementara di bumi Pasundan, justru timun suri yang menjadi primadona. Entah karena perbedaan lidah dengan wong etan, urang Sunda lebih doyan daging buah timun suri yang plain namun pulen dan lembut.

Perburuan blewah dan timun suri ini biasanya mencapai puncak pada saat Lebaran. Berbagai olahan kedua buah ini, baik es buah maupun es campur, kerap menjadi suguhan khas untuk menjamu tamu.

Nah, lepas dari tradisi ini, blewah dan timun suri rupanya menyimpan sejumlah manfaat bagi kesehatan. Blewah dan timun suri tergolong buah-buahan yang banyak mengandung air sehingga sangat berefek menyegarkan tubuh. Mereka juga kaya kandungan vitamin, khususnya vitamin C dan beta karoten, serta kaya akan mineral, khususnya kalium.

“Kalau dibandingkan, kandungan gizi keduanya kira-kira seimbang. Dan, terutama dari bermacam manfaatnya, mereka juga sangat baik untuk membantu menyehatkan sistem pencernaan kita,” ungkap Dr. Inge Permadhi, M.S., Sp.G.K. “Seratnya memang tinggi dan banyak mengandung air,” tegas ahli nutrisi dari Departemen Ilmu Gizi FKUI, beberapa waktu lalu.

Seperti dipaparkan Inge kepada C&R, vitamin C dibutuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, kesehatan saraf, tulang, dan gigi, sebagai antioksidan, dan mempercepat penyembuhan. Sementara itu, beta karoten baik untuk kesehatan mata dan pengelihatan, pertumbuhan dan perbaikan sel, dan juga meningkatkan daya tahan tubuh. Sementara kalium dibutuhkan untuk aktivitas otot dan mengontrol tekanan darah. Non-efek Samping.

 

BACA JUGA : 

Cinta Di Pangkuan Himalaya: Serial Drama Romatis Terbaru ANTV

Rinni - Jevin Siapkan Resepsi Kedua di Medan

Mengenal Sosok Ketua Majelis Hakim Yang Memvonis Ahok Dua Tahun Penjara