Puasa Bisa Menyembuhkan Maag

Lifestyle
Typography

 

C&R Digital - Meski erat berkaitan dengan sistem pencernaan, puasa di bulan Ramadan tidak serta-merta dapat membuat penyakit maag bertambah parah. Sebaliknya, bukan tidak mungkin puasa dapat meminimalisir bahkan menghilangkan penyakit maag.

Sebuah penelitian di Paris, Perancis terhadap 14 sukarelawan yang mengalami peningkatan asam lambung, justru berhasil membuktikan kondisi membaik pada penderita maag setelah berpuasa.

Di Indonesia sendiri, hampir 70 persen penderita maag disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur, kebiasan makan camilan berlemak, minum kopi atau minuman bersoda sepanjang hari, merokok, dan stres. Karena itu, keluhan ini pada umumnya akan berkurang selama puasa karena pola makan yang lebih teratur.

Untuk itu, ada beberapa faktor yang membuat penyakit maag secara tiba-tiba hilang di bulan suci. Di antaranya adalah, secara mental kondisi kejiwaan seseorang dalam bulan suci lebih tenang. Hal tersebut juga membuat tingkat stres seseorang juga berkurang sehingga sistem saraf tubuh berjalan relatif stabil.

“Saat puasa pola makan seseorang justru lebih teratur. Sehingga sistem kelenjar di lambung tidak memproduksi asam secara berlebih. Dengan begitu, iritasi pun dapat ditekan. Dan, akhirnya penyakit maag pun dapat dihindari,” ungkap dr. Waluyo Dwi Cahyono, Sp.P.D. dari RSUD Kota Bekasi kepada C&R beberapa waktu lalu.

Ditambahkan Waluyo, bukan tidak mungkin selama puasa, seseorang juga menjadi lebih selektif dalam memilih jenis makanan, terutama yang dapat merangsang timbulnya iritasi. Dengan begitu, lambung pun akan terhindar dari iritasi akibat makanan.

Meski demikian, untuk mengantisipasi munculnya maag kronik saat puasa, tidak ada salahnya bagi penderita maag selain untuk tetap berpuasa juga tetap mengkonsumsi obat. Obat maag yang dimaksud tetap dapat diminum sesuai aturan. Dengan begitu, puasa dapat terus berjalan tanpa harus terganggu oleh maag.

 

BACA JUGA : 

Membabi Buta, Debut Thriller Prisia Nasution

BCL, Honor Anak Lebih Mahal

Lesti, Kenalkan Single Religi Ramadan 2017