Diabetes Juga Bisa Berpuasa

Lifestyle
Typography

C&R Digital - Diabetes berkenaan dengan terapi pengobatan. Seperti diketahui, ada obat diabetes yang justru merangsang pankreas untuk mengeluarkan insulin. Karena itu, harus ada perubahan dosis obat antara saat berpuasa dan saat tidak berpuasa. Konsultasikan ke dokter, karena diabetes pada dasarnya tidak menjadi halangan bagi seseorang untuk berpuasa. Berikut ini penuturan mengenai puasa bagi penderita diabetes puasa oleh dr. Harry Damay, Sp.P.D. kepada C&R.

Benarkah penderita diabetes tidak boleh puasa, karena berpotensi membuat kadar gula dalam darah menjadi kacau?

Tidak benar. Kadar gula dalam darah menjadi kacau atau tidak terkontrol bukan karena puasa. Kadar gula dalam darah pada penderita diabetes itu disebabkan karena pola makan (diet) yang tidak disiplin atau penderita diabetes tersebut tidak makan obat antidiabetes secara teratur dan benar. Misalnya, sering lupa minum obat atau minum obat tidak sesuai dengan dosis yang dianjurkan oeh dokter.

Seberapa jauh risiko bagi penderita diabetes yang tidak mematuhi anjuran tersebut?

Risikonya, gula darah tidak terkontrol dan akibatnya komplikasi karena gula darah yang tinggi lebih cepat terjadi dan makin parah. Sehingga akhirnya tidak dapat diobati lagi.

Apa yang harus dihindari penderita diabetes saat berpuasa?

Yang harus diperhatikan penderita diabetes harus mengurangi asupan gula/glukosa/karbohidrat. Penderita diabetes sebaiknya menghindari kudapan atau ngemil. Penderita diabetes yang merokok harus menghentikan kebiasaan merokoknya.

Pola makan seperti apa yang harus diperhatikan oleh penderita diabetes terutama saat melakukan ibadah puasa?

Saat berpuasa, penderita diabetes sebaiknya mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat (25-35) gr/hari seperti sayuran dan buah. Usahakan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung gula/makanan yang manis-manis tidak berlebihan.

Benarkah penderita diabetes tidak boleh banyak bergerak?

Tidak benar, justru penderita diabetes harus banyak bergerak (olahraga). Olahraga yang teratur setiap hari bisa membantu menjaga kadar gula darah, menjaga berat badan ideal, bahkan dapat meningkatkan kinerja insulin. Olahraga yang baik pada penderita diabetes adalah aerobik seperti, jalan kaki, jogging, senam aerobik, atau bersepeda. Olahraga ini harus dilakukan secara bertahap dan sesuai dengan frekuensi dan jenis olahraga yang dianjurkan dokter.

Bagaimana dengan insulin?

Seperti yang saya katakan sebelumnya, kinerja insulin dapat ditingkatkan dengan olahraga teratur. Tentunya sesuai dengan anjuran dokter. Makanya, meskipun kita berpuasa kita harus melakukan olahraga ringan karena dapat meningkatkan kinerja insulin tadi.

 

BACA JUGA : 

Bisnis Baru Dodhy Eks ‘Kangen Band’

Aliando Syarief, Unjuk Gigi Lewat Single “Buktikan Hari Ini”

Kala Thor Berambut Cepak