Melatih Anak Berpuasa (1)

Lifestyle
Typography

C&R Digital - Melatih anak puasa, sebagai pendidikan kedisiplinan dan keagamaan di dalam lingkup keluarga. Keluarga merupakan landasan dasar tempat anak belajar baik dari perilaku maupun bimbingan orangtua. Anak merupakan penerus bagi kehidupan bangsa. Pendidikan akhlak dan karakter anak sebaiknya mulai distimulasi sejak dini oleh orangtua.

Bulan Ramadhan yang dikenal sebagai bulan penuh keutamaan bagi umat Islam di dunia, bisa dijadikan moment yang tepat untuk pendidikan disiplin dan akhlak anak sejak dini.

“Ada anak bertanya pada Bapaknya. Buat apa berlapar-lapar puasa?
Ada anak bertanya pada Bapaknya. Tadarus tarawih apalah gunanya?”

Itulah penggalan syair tembang Anak Bertanya yang menjadi hit lawas Pop Qasidah Bimbo. Tembang evergreen itu begitu sederhana liriknya, tetapi mendalam artinya.

Anak-anak kaum muslim memang harus diberi tahu buat apa mereka dilatih berpuasa Ramadan. Bukan sekadar menggugurkan kewajiban ketika mereka sudah akil balig. Tetapi, sejatinya, rukun Islam ketiga yang termaktub dalam Surat Al-Baqarah ayat 183 itu, memberi manfaat purna bagi kesehatan tubuh, seperti penelitian banyak dokter di dunia.

Mengapa begitu?

Allah tak akan membiarkan tubuh seorang hambaNya menjadi rusak karena puasa. Puasa Ramadan yang memiliki waktu tertentu sebulan penuh dan batasan berpuasa yaitu menahan lapar, haus, dan tidak melakukan hubungan suami istri dengan batas-batas waktu tertentu yaitu mulai terbit sang fajar hingga terbenamnya matahari, sejatinya obat mujarab bagi tubuh dan batin manusia, terutama yang beriman.

Dalam berbagai literatur yang menulis tentang puasa, disebutkan para sahabat Rasulullah mulai mengajarkan puasa Ramadan pada anak-anak di usia 5 – 7 tahun. Di rentang waktu inilah anak-anak bisa mencontoh perbuatan orang tuanya seperti puasa dan diberi pengertian tentang makna ibadah tersebut.

Tentu, di usia tersebut puasa masih dihitung sebagai latihan dan bukan pembebanan hukum ibadah atau mengugurkan kewajiban. Tak heran sejumlah jurus dilakukan agar mengajak berpuasa pada anak bisa dilakukan mereka dengan fun dan tidak membebani.

 

BACA JUGA : 

Aliando Syarief, Unjuk Gigi Lewat Single “Buktikan Hari Ini”

Kala Thor Berambut Cepak

Thor Menggusur Beauty and the Beast