Melatih Anak Berpuasa (2)

Lifestyle
Typography

 

C&R Digital - Berpuasa dibulan Ramadhan adalah salah satu kewajiban yang diperintahkan oleh Allah SWT bagi umat Islam. Bahkan ibadah yang mulia ini merupakan salah satu diantara 5 rukun islam lainnya.

Namun perlu kita perhatikan bahwa belum ada kewajiban berpuasa bagi anak-anak, sehingga sebagai orang tua, tugas kita bukan mewajibkan anak kecil untuk berpuasa, melainkan mendidik anak untuk berpuasa. Berikut tips mengajarkan anak berlatih puasa Ramadan :

  • Mulailah dengan mengajak mereka terbiasa mengikuti orang tuanya makan sahur dan berbuka puasa.
  • Jangan lupa siapkan makanan yang menjadi kegemaran anak-anak Anda dan buatlah suasana yang enak.
  • Maklumlah membangunkan anak-anak di pagi hari saja untuk sekolah lumayan susah, apalagi dibangunkan lebih pagi lagi, di waktu sahur, makan sebelum berpuasa.
  • Karena sifatnya berlatih, jangan paksakan anak harus langsung bisa berpuasa sehari penuh. Kalau buah hati Anda tak kuat dan meminta berbuka di siang hari, silakan saja. Tetapi minta untuk melanjutkan kembali hingga waktu magrib.
  • Jangan memberi vitamin nafsu makan saat sahur karena akan memicu lapar di sepanjang hari anak Anda berpuasa.
  • Jangan lupa beri motivasi kuat selain menjelaskan tentang hukum puasa, dengan iming-iming hadiah misalnya. Paling tidak ini bisa menambah semangat.

Tips-tips di atas harus dijalankan para orang tua dengan penuh kecintaan karena sejatinya mengajarkan puasa pada anak adalah kewajiban para orang tua muslim. Tentu saat Anda melatih sang buah hati, Anda juga harus memberi contoh alias menjalankan puasa Ramadan dengan baik pula.

Seperti lirik tembang lawas Bimbo, dengan berpuasa dan tubuh menjadi lapar, terbitlah sifat rendah hati pada anak. Puasa juga mengajarkan mereka berempati pada kaum duafa yang kekurangan dan tak bisa menikmati kuliner sehari-hari dengan leluasa karena keterbatasan keuangan mereka. Sifat empati pada sesama bukankan sifat-sifat dasar yang bisa membuat akhlak anak-anak kita menjadi mulia?

Sabar menahan lapar, patuh, dan taat serta disiplin pada ketentuan Allah lewat puasa pada gilirannya nanti akan menumbuhkan sifat ikhlas. Itulah perisai batin buah hati kita dalam mengarungi hidup. Saat mereka akil balig sudah terbiasa berpuasa dan tak kaget lagi. Jangan lupa ajak juga menjalankan ibadah sunah lainnya di bulan suci seperti tadarus dan salat tarawih. Ayo, siapkan buah hati Anda untuk berlatih puasa Ramadan……!

 

BACA JUGA : 

Kesenian Indonesia di Pentas Hollywood

Arie Untung: Bunga Ungkapkan Rasa Cinta

Film Selebgram: Susahnya Jadi Selebgram