Sehat Rohani dan Jasmani dengan Berpuasa (1)

Lifestyle
Typography

 

C&R Digital - Puasa tak hanya membersihkan jiwa, tapi sekaligus mengontrol berat badan, menurunkan kadar lemak, gula darah, dan kolesterol. Puasa juga bisa menekan hipertensi pada tingkat ringan hingga moderat.

Lemas lantaran berpuasa? Sudah pasti. Tapi, berbeda jauh dengan anggapan masyarakat awam, meski secara fisik luar tampak lemas dan lesu, berpuasa ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Puasa hakikatnya merupakan pengendalian diri dalam segala aspek. Saat puasa, seseorang dituntut mengendalikan seluruh gerakan dan tindakan mata, telinga, lidah, bahkan bagian-bagian tubuh yang sangat pribadi.

Pengendalian serta disiplin inilah yang kemudian membuat puasa tak hanya bermanfaat bagi kesehatan rohani, tapi juga kesehatan badani. Dari sisi medis, puasa sama dengan mengistirahatkan sistem pencernaan. Mulai dari daerah mulut, kelenjar ludah, lambung, usus, hati, pankreas, dan seluruh organ yang terlibat dalam sistem pencernaan.

Tak sedikit pakar kesehatan yang mengakui manfaat puasa sebagai detoksifikasi atau netralisasi organ tubuh dari zat-zat berbahaya dan tidak berguna. Berhentinya asupan makanan ke dalam tubuh dan aliran darah membuat sel-sel tubuh mendapat kesempatan untuk memetabolisme serta membuang zat-zat yang tidak berguna dan berbahaya dari tubuh. Puasa juga sangat bermanfaat bagi pasien yang memiliki gangguan metabolisme seperti kolesterol tinggi dan diabetes, maupun penyakit yang diakibatkan oleh pola makan yang buruk. Tak heran jika puasa Ramadan banyak direkomendasikan sebagai terapi perawatan bagi para penderita diabetes non-insulin, dan obesitas.

Puasa yang tepat juga dapat menurunkan tingkat gula dalam darah, tekanan darah, dan membantu penyembuhan hipertensi pada tingkat ringan hingga moderat. Pada saat puasa, biasanya asupan garam pada siang hari akan menurun. Karena itu, puasa juga bisa berfungsi menurunkan hipertensi.

 

BACA JUGA : 

Victoria Beckham, Rahasia Keluarga Harmonis

Chrissy Teigen, Sekolah Kecantikan Gratis

Camila Cabello, Lagu untuk Imigran