Mengkonsumsi Makanan Pedas saat Berpuasa

Lifestyle
Typography

C&R Digital - Penderita sakit maag tidak perlu takut untuk berpuasa. Meski tidak selalu menimbulkan rasa sakit, kondisi perut yang kosong biasanya memang akan meningkatkan kadar asam lambung. Namun pada sebagian penderita maag, berpuasa justru lebih baik.

Pada saat berpuasa, lambung berhenti beroperasi karena tidak ada makanan yang masuk. Kondisi ini pada sebagian besar penderita justru terasa lebih nyaman. Namun bila reflux sudah naik ke esofagus, apalagi sampai menimbulkan rasa sakit, sebaiknya penderita maag tidak berpuasa terlebih dulu.

Pada penderita maag juga harus memperhatikan menu pada saat berbuka dan sahur. Lambung yang seharian berpuasa sebaiknya tidak langsung diberi sesuatu yang “mengejutkan” seperti es. Saat berbuka, mereka sebaiknya menyantap yang manis-manis atau mengandung karbohidrat. Selain itu, perlu dihindari camilan atau makanan dan minuman yang mengandung kafein, rokok, alkohol, cuka, atau yang rasanya sensitif.

Lantas, bagaimana dengan menyantap makanan pedas atau sambal? Ternyata, tidak ditemukan kaitan langsung antara sambal dan luka pada lambung. Jadi, asal tidak membuat perut “berontak”, tidak ada yang melarang untuk menyantap sambal atau cabai.

 

BACA JUGA : 

Hardi Fadhillah, Main Burung Lepas Penat

Julia Roberts Deg-Degan Ketemu Ronaldo

Membabi Buta, Debut Thriller Prisia Nasution