Anjasmara, Latihan Yoga di India (1)

Lifestyle
Typography

C&R Digital - Awal Maret lalu Anjasmara diundang menghadiri Festival Yoga Internasional India. Anjas mengaku berkesan ketika mengikuti pelatihan yoga di tepi Sungai Gangga, dan di puncak sebuah bukit di komplek Pegunungan Himalaya. Berikut catatan perjalanan Anjasmara.

Aku menghadiri Festival Yoga Internasional India di Kota Rhikeshi, India, awal Maret lalu. Festival diikuti oleh peserta dari 30 negera. Selain atraksi yoga, ada pula kesempatan para peserta berdialog dengan para guru yoga bertaraf dunia. Aku ke India seorang diri, tidak dengan keluarga.

Di hari pertama aku mengunjungi Sungai Gangga di Kota Haridward, Rishikesh, India. Jarak dari New Delhi ke Kota Haridward sekitar 200 kilometer. Dengan mobil, jarak itu ditempuh sekitar enam jam.
Pusat penyelenggaraan festival yoga memang di tepi Sungai Gangga. Di sana ada perguruan yoga yang cukup terkenal, Jai Ram Ashram, yang mempunyai siswa 300 orang.

Aku dan para tamu lain sampai Haridward sekitar pukul lima sore waktu setempat. Saat tiba, aku diberi tika di dahi. Tika adalah pewarna merah yang terbuat dari perasan berbagai bunga. Tika diyakini bisa menetralkan seluruh cakra manusia.

Aku kemudian menonton pergelaran musik tradisional India yang didominasi tabla dan sitar. Setelah hari semakin gelap, aku pulang ke hotel untuk beristirahat.

 

BACA JUGA : 

Victoria Beckham, Rahasia Keluarga Harmonis

Chrissy Teigen, Sekolah Kecantikan Gratis

Camila Cabello, Lagu untuk Imigran