Nadine Chandrawinata, Kebun Binatang Mini di Istana Changgyeonggun (3)

Lifestyle
Typography

 

 

C&R Digital - Di dalam Istana Changgyeonggung juga ada kuil tempat raja melakukan meditasi. Ada pula perpustakaan yang koleksi bukunya aku lihat cukup banyak. Di dalam kompleks Istana Changgyeonggung juga ada kebun binatang mini. Koleksinya ada gajah, beruang, monyet, dan burung. Juga ada Howun atau Secret Garden. Disebut Secret Garden, karena taman ini sering digunakan raja untuk bersantai menikmati senja hari.

Saat raja sedang berada di taman, tempat itu tertutup untuk umum. Tetapi raja jarang berada di sini. Di taman ini ada ratusan jenis pohon. Ada beberapa pohon yang usianya telah mencapai 300 tahun. Di taman ini juga ada rumah kaca yang mempunyai koleksi puluhan pohon bonsai. Sehingga ketika aku mengelilingi Secret Garden, udaranya benar-benar terasa bersih dan segar.

Pohon-pohon di sini warna daunnya ada yang merah, hijau, dan kuning. Benar-benar cantik Secret Garden itu. Di sini juga ada kolam ikan dan air mancur. Berada di kompleks Istana Changgyeonggung rasanya hati benar-benar damai.

Puas melihat-lihat istana, aku kemudian jalan-jalan ke taman Banpo Hangang Park, Seoul. Taman ini terletak di pinggir Sungai Han. Aku lihat taman ini cukup digemari warga Korea Selatan. Soalnya banyak warga yang menggelar tikar dan duduk lesehan di taman ini. Banyak pula anak-anak yang bermain sepeda.

Di siang hari, pemandangan di pinggir sungai itu sangat indah. Aku memandangi kapal wisata cruise yang hilir mudik di Sungai Han. Sambil merasakan angin yang bertiup semilir mengenai wajah dan tubuhku. Sungai Han merupakan sungai terpanjang di Kota Seoul. Membelah kota menjadi bagian Barat dan Timur. Sungai ini bermuara di Gunung Daedok dan berakhir di Laut Kuning.

Pada zaman dulu, sungai ini merupakan jalur lalu lintas perdagangan Korea-Tiongkok. Pemandangan malam hari di Taman Banpo Hangang Park ini lebih menawan lagi. Karena dari kedua sisi jembatan Banpo, keluar air mancur. Di pangkal air mancur itu dipasangi lampu warna-warni yang menyala berkerlap-kerlip. Sehingga air mancur itu menyerupai pelangi. Air mancur itu disebut Rainbow Fountain.

Bukan cuma itu, air mancur ini juga berjoget mengikuti irama musik. Aku benar-benar terpesona dengan pemandangan air mancur itu. Air mancur joget itu mulai beratraksi pada pukul delapan malam.