Luna Maya, Merinding Saat Mengunjungi Pompeii (1)

Lifestyle
Typography

 

C&R Digital - Bintang sinetron Putri Duyung, Luna Maya, bersama seorang teman dekatnya, akhir Juli lalu jalan-jalan menelusuri beberapa objek wisata pantai di Italia dan Yunani. Ia sangat terkesan saat mengunjungi kota Pompeii, Italia. Pompeii merupakan kota yang pernah terkubur selama ratusan tahun. Inilah catatan perjalanan Luna Maya selama berada di dua negara tersebut

Mumpung belum ada syuting sinetron, setelah Hari Raya Idul Fitri, aku memanfaatkan waktu luang untuk refreshing. Karena jika sudah mulai sibuk syuting, wah susah sekali cari waktu kosong. Itu sebabnya liburan kemarin selama dua minggu benar-benar aku manfaatkan untuk jalan-jalan.

Aku sempat mengunjungi kota Pompeii, Italia. Kota ini jauhnya sekitar dua jam perjalanan dengan kereta cepat dari kota Roma. Suasana Pompeii adalah pedesaan yang dilatari dengan pegunungan dan tanah yang subur. Udaranya sejuk, terkadang turun hujan gerimis.

Kota Pompeii merupakan salah satu ikon Italia, karena merupakan situs arkeologi yang sempurna. Pada sekitar tahun 79 Masehi, Pompeii dihancurkan oleh letusan Gunung Vesuvius selama dua hari. Sehingga Kota Pompeii tertimbun lahar sedalam beberapa meter.

Kata pemandu wisataku, situs kota Pompeii ditemukan pada sekitar tahun 1.800 secara tidak sengaja. Pada waktu itu Kerajaan Sisilia ingin membangun jalan raya di wilayah Pompeii. Saat dilakukan penggalian untuk fondasi jalan, ternyata ditemukan bekas bangunan gedung-gedung.

Raja Sisilia yang berkuasa pada waktu itu kemudian menyuruh agar penggalian diteruskan. Akhirnya Kota Pompeii bisa dimunculkan kembali ke permukaan tanah.

Kota ini pada sekitar tahun 79 Masehi itu sudah merupakan kota yang maju, sehingga ada bekas gedung-gedung megah, kolam renang, pasar, gedung teater, gymnasium, bar, bahkan hingga rumah bordil. Kata pemandu wisataku, Pompeii merupakan kota yang telah mendapatkan azab dari Tuhan.

Pompeii diazab Tuhan dengan letusan Gunung Vesuvius. Penduduk tidak sempat lari menyelamatkan diri, karena ada awan panas dan lahar yang panasnya ratusan derajat Celsius.

Jadi mayat-mayat penduduk Pompeii yang sudah menjadi fosil, saat ditemukan arkeolog masih dengan aktivitas keseharian mereka. Ada yang ditemukan sedang beraktivitas di meja makan dengan keluarga di rumahnya, yang sedang di jalan, di pasar, ada juga di rumah bordil.

Dari kunjunganku kali ini, aku juga tahu Pompeii diazab Tuhan karena kehidupan seks warganya sudah tidak normal. Dari mayat-mayat yang ditemukan, ada yang sedang berhubungan badan dengan sesama jenis. Di Kota Pompeii juga banyak gambar porno di dinding-dinding rumah.

Penemuan situs Kota Pompeii merupakan penemuan arkeologi yang paling sempurna hingga saat ini, karena bukan saja bekas-bekas bangunan yang ditemukan, tetapi juga fosil-fosil warga Pompeii.