“Flyboard” Empat Olahraga Air

Lifestyle
Typography

 

 

C&R Digital - Flyboard merupakan olahraga air yang memanfaatkan tekanan air jet ski. Olahraga ini memang terlihat ekstrem karena flyboarder melayang ke udara dan menyelam ke dalam air. Flyboard diciptakan di Perancis, pada musim semi tahun 2011. Adalah Franky Zapata yang tercatat sebagai pencipta flyboard.

Pemenang kejuaraan jet ski dunia tersebut menciptakan wakeboard dilengkapi sepasang bot dan nozel jet yang tersambung ke jet ski. Nozel jet itulah yang memberikan dorongan tenaga sehingga mampu mengangkat wakeboard hingga ketinggian 15 meter di udara. Tinggi rendahnya ketinggian wakeboard dipengaruhi oleh besar kecilnya tekanan udara atau PWC yang diatur oleh alat bernama Electronic Management Kit.

Franky Zapata pertama kali memperkenalkan Flyboard pada Jet Ski World Championship 2012 di Tiongkok. Para pecinta olahraga air di penjuru dunia pun tercengang dan menyebut Flyboard sebuah fenomena olahraga air. Flyboard merupakan gabungan empat elemen olahraga air yang disukai Franky Zapata. Sebut saja, snowboard, ski air, jet ski, dan acrobatic dive.

Franky Zapata mematenkan temuannya itu di The French Institut Nasional de la propriété industrielle (INPI). Sejak diperkenalkan tahun 2012, Flyboard telah terjual lebih dari 3.000 unit. Di Indonesia , Flyboard mulai dikenal sekitar tahun 2014. Meskipun peralatannya terbilang tidak murah - mencapai puluhan juta rupiah - namun tidak menjadikan olahraga air ini sepi peminat.

Penasaran, saat tengah berlibur di Bali, sempatkan berkunjung ke Tanjung Benoa yang menjadi surga bagi penggemar olahraga air.