Indra Bekti, Karya Seni Tinggi Masjid Sultan (3)

Lifestyle
Typography

 

 

C&R Digital - Aku juga ke Masjid Sultan Sulaiman. Sultan ini pernah berkuasa di Turki sekitar tahun 1555 M. Di bawah kepemimpinannya Turki mencapai puncak kejayaan dengan menguasai banyak wilayah di Asia, Afrika hingga Eropa. Bahkan pasukan Sulaiman pernah datang ke Aceh untuk membantu menghadapi Portugis.

Pada waktu itu ilmu pengetahuan maju dengan pesat. Di lingkungan masjid, Sultan Sulaiman selalu mendirikan sekolah gratis, baik madrasah Al-Quran, madrasah Hadis, bahkan saat itu sudah ada perguruan tinggi kedokteran.

Tidak heran bila Masjid Sulaiman dibangun dengan karya seni yang bernilai tinggi. Kubah masjidnya bukan sistem bertumpuk. Tetapi kubah utama yang besar didukung oleh beberapa kubah kecil di sekelilingnya. Desain interiornya sangat indah. Lantai dan mimbarnya terbuat dari marmer. Dindingnya ditutupi keramik. Dengan sistem interior yang bagus, imam maupun khatib salat Jumat tidak membutuhkan mikrofon, karena suara aslinya sudah terdengar ke seluruh ruangan.

Dari halaman Masjid Sulaiman itu aku bisa menyaksikan pemandangan dua benua, yaitu benua Asia dan Eropa. Pemandangannya sangat indah. Dua benua itu hanya dipisahkan oleh Selat Bosphorus.