Indra Bekti, Tapak Tilas Kekhalifahan Utsmani (1)

Lifestyle
Typography

 

 

C&R Digital - Presenter serba bisa Indra Bekti mendapatkan job melakukan pemotretan untuk sebuah iklan busana muslim di Turki. Selain untuk bekerja, ia dan istri, Aldilla Jelita, memanfaatkan untuk berlibur di kota yang pernah menjadi pusat kekhalifahan Turki Utsmani itu. Inilah catatan perjalanan Indra Bekti selama delapan hari di Turki.

Aku senang banget ketika bersama istriku, Aldilla Jelita, mendapat pekerjaan untuk pemotretan iklan sebuah produk muslim, di beberapa kota di Turki.

Aku tahu, Turki pernah menjadi pusat kekhalifahan Utsmani yang kekuasaannya pada abad ke-15 membentang dari Eropa Timur ke Eropa Barat. Ya, aku sekalian jalan-jalan menelusuri jejak sejarah Islam dan menikmati pemandangan alam di Turki.

Aku mengunjungi Istanbul yang sangat romantis. Istanbul pernah menjadi pusat kebudayaan Romawi dan Islam selama berabad-abad. Peninggalan-peninggalan sejarahnya masih banyak, seperti Istana Topcapi, Masjid Biru, Masjid Sulaiman, dan museum-meseum. Bangunan-bangunan bekas peninggalan masa Romawi pun masih ada, seperti patung Piazza of The Ox, atau patung kepala lembu.

Waktu aku ke Istanbul akhir Mei lalu, udaranya masih sejuk. Tidak terlalu panas, tidak juga terlalu dingin. Memang sih kalau dibandingkan dengan kota lain di Eropa, seperti London, kayaknya London memang lebih nyaman karena Inggris kan memang negara maju. Lingkungannya lebih tertib, rapi, dan teratur. Sedangkan Istanbul lalu lintasnya agak macet, hehehe. Meskipin begitu aku merasa senang ke Istanbul.

Selama delapan hari di Istanbul, baru hari kelima aku ketemu restoran Sunda, sehingga aku bisa makan nasi, sayur tumis, ikan pepes, ayam goreng, dan sambal. Wah, aku senang banget bisa makan menu Sunda. Hari- hari sebelumnya, aku hanya makan kebab Turki, sampai bosan, hahaha. Makanan utama warga Istanbul adalah roti, keju, dan daging.

Waktu jalan-jalan di kota Istanbul, kebetulan pemandu wisatanya kasih tahu ke beberapa warga bahwa aku ini artis dari Indonesia. Wah, ternyata warga Istanbul senang sekali berjumpa dengan artis Indonesia. Mereka banyak yang minta foto bareng dengan kami, hahaha.