Salat Idul Adha Bersama Komunitas Muslim di Wellington

Fokus
Typography

 

Laporan Ilham Bintang, Wellington

C&R Digital -- Pelaksanaan Salat Idul Adha komunitas muslim di Wellington, berlangsung Sabtu (2/9) pagi pukul 08.30 di Asmabury Hall, Wellington, New Zealand.

Salat yang diikuti sekitar 300 jamaah Muslim berbagai bangsa dihadiri Dubes RI untuk New Zealand, Tantowi Yahya dan Ibu Dubes Dewi Handayari. Salat Ied ini diorganisir oleh Al Amin, wadah komunitas Muslim di Wellington yang dipimpin oleh Agam Jaya. Agam Jaya keturunan Padang-Sunda sudah 16 tahun mukim di New Zealand. Di Indonesia dulu Agam seorang jurnalis. Pernah bekerja di Majalah Hai, dan terakhir di program news RCTI hingga tahun 2001.

Imam dan Khatib Salat Ied adalah Mochtar Saikh ( Pakistan). Dalam khotbahnya ia berpesan agar kita meneladani ketaatan Nabi Ibrahim dan Ismal yang mematuhi perintah Alllah SWT. Penentuan Salad Ied Sabtu (2/9) diputuskan oleh  Fianz, federasi muslim New Zealand, semacam MUI.

Ramah Tamah

Selesai salat, jamaah salat Ied beramah tamah sambil menikmati hidangan yang diupayakan secara kolektif oleh seluruh jamaah. Penghujung acara disajikan atraksi anak-anak remaja dengan segala kreasi budaya, termasuk memperagakan acara Tawaf di Ka'bah.

Dubes Tantowi merasa bangga dengan kekompakan masyarakat Indonesia di Wellington, dan pada umumnya New Zealand. Menurut Tantowi, jumlah warga Indonesia di New Zealand sebanyak 5500 jiwa. Seribu duaratus antaranya mahasiswa. Dari jumlah itu 300 asal Papua.