Dubes Peter F Gonta Ajak Masyarakat Polandia Berlari Rayakan HUT RI

Fokus
Typography

C&R Digital -- Duta besar RI di Polandia, Peter Frans Gontha, tak kuasa menyembunyikan kebahagiaannya menyaksikan antusiasme masyarakat Polandia dalam kegiatan Lari 10 km “10K Run”. Lomba itu diselenggarakan KBRI Warsawa di Taman Skaryszewski, Warsawa, Polandia, Sabtu (22/7).

Dubes Gontha berharap, masyarakat Polandia bisa menikmati kegiatan tersebut. “Selamat berlari!,” katanya kepada sekitar seribu peserta, disambut tepuk tangan penonton. Para peserta memulai berlari pada pukul 19:00 waktu setempat.

General Manager area Eropa Garuda Indonesia, Rizal Pahlevi, ikut hadir dan menyapa peserta. “Kegiatan lari 10 km ini kami selenggarakan karena antusiasme masyarakat Polandia yang sangat tinggi dan aktif terhadap olahraga, terutama lari,” ujar Dubes Gontha.

Lomba lari yang merupakan rangkaian awal perayaan HUT RI ke-72 di Polandia ini juga terselenggara sebagai wujud meningkatnya people to people contact antara Indonesia dan Polandia, disamping kian membaiknya hubungan ekonomi, perdagangan, pariwisata dan pendidikan antara kedua negara.

“Dengan adanya lomba lari yang diikuti oleh masyarakat Polandia ini diharapkan ke depannya hubungan bilateral kedua negara menjadi semakin erat di berbagai bidang,” tutup Dubes Gontha.

Dubes Gontha menekankan kegiatan ini menjadi cara jitu dalam mempromosikan Indonesia karena dilakukan di luar ruangan dan menjangkau banyak masyarakat Polandia, baik yang secara khusus menghadiri kegiatan, dan yang kebetulan berada di lokasi.

Lomba lari diawali dengan kompetisi kategori anak-anak dengan pembagian umur 0-4 tahun, 5-7 tahun, 8-10 tahun, dan 11-14 tahun. Kemudian dilanjutkan dengan Lari Cepat, untuk para peserta yang dapat menyelesaikan 10 km dengan jangka waktu 50 menit. Kategori terakhir adalah Lari 10 km yang terbuka untuk umum.

Hal yang istimewa pada Lomba lari kali ini adalah hadiah dua tiket PP Warsawa – Jakarta yang diberikan oleh Garuda Indonesia kepada pemenang utama untuk kategori laki-laki dan perempuan. Di akhir acara, Dubes Gontha dan GM Garuda Indonesia di Belanda, Rizal Pahlevi memberikan kejutan tambahan dua tiket PP Warsawa - Jakarta kepada peserta yang menempati urutan ke-72 dan peserta perempuan diurutan terakhir.

Lomba lari ini dimenangkan oleh Andrzej Starzynski untuk kategori laki-laki dan Katarzyna Kowalska untuk ketegori perempuan yang masing-masing mencatat waktu 30,38 dan 33,48 menit.

Seluruh peserta mendapatkan penganan khas Indonesia berupa kue dadar gulung, kue pukis, dan bakwan jagung. Disamping itu, juga disediakan medali yang berlambangkan burung Garuda dan bertalikan motif batik mega mendung. Para peserta mengungkapkan rasa gembiranya dapat mengikuti kegiatan ini dan terkesan akan pelaksanaan kegiatan dan keramahan Indonesia.