Polandia Punya Potensi Kerja Sama di Bidang Pendidikan, Energi, dan Maritim

Fokus
Typography

 

C&R Digital -- Wakil Ketua Badan Kerja Sama antar Parlemen (BKSP) DPD RI, Prof. Dr. Dailami Firdaus bersama 14 anggota BKSP DPD mengadakan kunjungan kerja ke Polandia pada 19-24 Maret 2017. Kunjungan tersebut ditujukan untuk meningkatkan hubungan bilateral kedua negara terutama di bidang pendidikan, energi, pertanian, perdagangan, dan kemaritiman.

“Polandia merupakan salah satu negara yang dapat dijadikan contoh terkait renewable energy. Selain itu, terdapat potensi yang besar dalam pendidikan mengingat tingginya kualitas pendidikan tinggi di Polandia,” ujar Prof. Dr. Dailami Firdaus pada makan malam yang diadakan oleh Dubes RI Warsawa, Peter Frans Gontha di kediamannya dalam rangka menyambut rombongan tersebut.

Dubes Gontha dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada BKSP DPD RI untuk kunjungannya ke Polandia dan menyampaikan bahwa Polandia memiliki potensi besar di berbagai bidang dan kiranya bisa dimanfaatkan oleh Indonesia.        

Kunjungan pertama Delegasi BKSP DPD di Polandia adalah Warsaw University of Life Science, sebuah universitas yang telah berusia 200 tahun dan merupakan salah satu universitas ilmu hayati terbaik di Polandia. Universitas tersebut telah memiliki kerja sama dengan empat universitas di Indonesia yaitu IPB, Universitas Tadulako, Universitas Gadjah Mada dan Universitas Padjajaran.

Para delegasi juga berkesempatan mengunjungi Water Treatment Center dan berdiskusi dengan lima mahasiswa Indonesia yang sedang  mengenyam pendidikan di universitas tersebut. Para delegasi menyambut baik kerja sama yang telah dilakukan dengan universitas di Indonesia dan berharap kiranya jumlah mahasiswa Indonesia yang belajar di universitas tersebut dapat meningkat tajam.

Pertemuan dengan Ketua Komisi Luar Negeri Senat Polandia, Marek Rocki membahas peluang-peluang kerja sama antara DPD dengan Senat Polandia. Beberapa pertemuan penting lainnya adalah dengan Direktur Departemen Kerja Sama Internasional Kementerian Ekonomi Maritim, Anna Moskwa yang antara lain membahas potensi kerja sama pendidikan maritim Indonesia dan Polandia, di mana sekolah kemaritiman Polandia merupakan salah satu yang terbaik di Eropa.

Pada kunjungan delegasi DPD ke Kementerian Pendidikan Tinggi di Polandia, disebutkan Polandia tertarik untuk menarik lebih banyak mahasiswa Indonesia guna meneruskan pendidikannya. Para Senator Indonesia juga berjanji untuk menyampaikan informasi terkait pendidikan tinggi di Polandia ke daerahnya masing-masing.

Di bidang perdagangan dan ekonomi, Delegasi DPD mengunjungi Kamar Dagang Polandia, pabrik turbin listrik GE Power yang merupakan salah satu industri turbin/listrik terbesar di dunia. Disebutkan bahwa sebagian besar daerah Pomerania menggunakan sumber energy terbarukan.

Delegasi juga mengunjungi pelabuhan Polandia dan perusahaan Remontowa Shipbuilding yang bergerak di industri galangan kapal. Kunjungan DPD RI di Polandia ditutup dengan kunjungan ke Parlemen Daerah Pomerania yang membahas peluang kerja sama antar daerah Pomerania dengan provinsi-provinsi di Indonesia.

Rangkaian pertemuan tersebut diharapkan dapat memberikan gambaran utuh akan potensi yang dapat digali untuk peningkatan hubungan bilateral Indonesia – Polandia ke depannya.