Taboid Cek & Ricek Terima Sertifikat Verifikasi Dewan Pers

Fokus
Typography

 

C&R Digital -- PT. Bintang Advis Megamedia, penerbit Tabloid Cek & Ricek (C&R) menerima sertifikat verifikasi dari Dewan Pers. Sertifikat diserahkan Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo, kepada Direktur Utama PT Bintang Advis Mega Media, yang juga Pemimpin Redaksi Tabloid C&R H. Ilham Bintang, pada Gala Dinner bersama peraih penghargaan kepeloporan media massa di Gedung Islamic Centre, Kota Ambon, Rabu, (8/2) malam.

Pada kesempatan yang sama, Ilham Bintang juga menerima penghargaan Kepeloporan Media Pers Katagori Infotainmen. Selain Ilham, Peter F Gontha menerima penghargaan untuk katagori berita televisi swasta, dan Budiono Darsono untuk katagori media online.

Menurut Ilham, Cek & Ricek memiliki arti selalu meneliti kebenaran informasi, dari mana pun berasal. Nama itu diadopsi dari salah satu amanah dalam Kode Etik Jurnalsitik PWI yang menjadi konsep operasional moral wartawan di lapangan.

"Prinsip inilah yang diberlakukan di internal kami. Untuk menghilangkan keraguan dan demi membuat suatu informasi layak jadi berita, perlu mekanisme check and recheck," katanya.

Dengan serifikat verifikasi dari Dewan Pers, Tabloid C&R menjadi satu-satunya tabloid hiburan yang lulus uji dan kompeten sebagai institusi pers.

Sekretaris Jenderal Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat yang juga anggota Dewan Pers Hendry Ch Bangun mengatakan, penerima sertifikat sudah memenuhi peraturan Dewan Pers.

“Istilahnya, mereka yang sudah sah kita verifikasi, itu sudah halal. Ini juga dalam rangka mematuhi  empat peraturan Dewan Pers, agar pers Indonesia bisa dipertanggungjawabkan, baik secara konten maupun kelembagaan. Jadi, semua pihak yang berhubungan dengan organisasi pers dimaksud, tidak usah ragu melakukan kerja sama,” ujar Hendry.