“Spectre” Sekali Putar Raup Rp 86,4 Miliar

Film
Typography

 

C&R Digital - Film ke-24 dari franchise James Bond, Spectre, sudah ditayangkan di Inggris sejak Senin (26/10) lalu. Film itu langsung memecahkan rekor di box office Inggris. Dalam semalam Spectre meraup pendapatan US$6,4 juta atau sekitar Rp8,6 miliar. Mengutip Reuters, Rabu (28/10), angka itu merupakan pendapatan terbesar dalam sejarah film di Inggris.

Gala premiere-Spectre di Royal Albert Hall seolah menjadi sarana pertemuan sejumlah tokoh penting Inggris. Selain para pejabat tinggi setempat, acara itu dihadiri para bangsawan, termasuk pasangan Pangeran William-Kate Middleton, dan adik mereka, Pangeran Harry.

Tak cuma premiere-nya saja yang berlangsung wah. Dalam catatan Sony Picture, pemasukan yang diraih Spectre sebesar US$6,4 juta, juga mengungguli pendapatan kotor hari pertama pemutaran film James Bond terakhir Skyfall (2012).

Angka tersebut diraih Spectre setelah ditayangkan di 647 bioskop. Perolehan itu sangat spektakuler. Meski tak menyebut angka, menurut Sony, angka itu mengungguli pendapatan Skyfall di hari pertama perilisannya, tiga tahun silam.

Secara bisnis pun Skyfall sangat menguntungkan. Secara keseluruhan, ia berhasil mengumpulkan US$1,1 miliar, atau sekitar Rp 14,9 triliun di seluruh dunia. Jumlah itu jauh di atas biaya produksi yang “cuma” US$200 juta saja.