Festival Film Indonesia 2015 Melibatkan 100 Juri

Film
Typography

 

 

C&R Digital - Berbeda dari tahun sebelumnya karena Festival Film Indonesia (FFI) 2015 melibatkan 100 juri yang ahli di bidang perfilman untuk melakukan penilaian kepada seluruh nominasi yang ikut berpatisipasi.

Dewan juri yang terlibat antara lain Widyawati, Mathias Muchus, El Manik, Nirina Zubir dan masih banyak lagi. "Juri ada 85 orang, tahap kedua ada tambahan 15 orang," kata Ketua I Bidang Penjurian Jajang C Noer saat jumpa pers di Plaza Centre, Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (9/9).

Untuk juri tambahan di luar film, pihak penyelenggara FFI 2015 sengaja menambahkan dewan juri di bidang seni budaya seperti Romo Benny Susetyo, Tommy Awuy. Sedangkan di bidang seni musik atau soundtrack film diwakilkan vokalis Gigi band, Armand Maulana.

FFI 2015 ini mengangkat tema Teater dan Film dengan icon legenda sutradara, Teguh Karya. Pihak penyelenggara juga menghadirkan juri senior seperti Slamet Rahardjo, Niniek L Karim dan Ratna Riantiarno.

Panitia penyelenggara membagi dua tahapan untuk penilaian. Pertama, lima orang juri dari masing-masing kategori akan menonton film baik secara sendiri maupun terpisah dan memasukkan film pilihan mereka melalui sistem jaringan online.

Selanjutnya, lima nominasi film dari 17 kategori akan diseleksi oleh 85 juri ditambah 15 juri yang memilih film untuk menjadi suara terbanyak yang menjadi pemenang.

Jajang menuturkan, sistem online ini diberlakukan karena sesama juri tidak mengetahui film apa yang dipilih atau ditentukan. kategori nominasi FFI 2015 terbagi menjadi dua kategori yakni film bioskop dan non bioskop.

Untuk kategori bioskop antara lain Peran Utama Pria Terbaik, Peran Utama Wanita Terbaik, Peran Pembantu Pria Terbaik, Peran Pembantu Wanita Terbaik, Penulis Skenario Terbaik, Sinematografer Terbaik, Efek Visual Terbaik, Penyunting Gambar Terbaik, Penata Suara Terbaik, Penata Suara Terbaik, Penata Artistik Terbaik dan Penata Busana Terbaik.

Sedangkan, non bioskop seperti Film Televisi Terbaik, Dokumenter Terbaik, Animasi Terbaik dan Film Pendek Terbaik.