10 Seleb Wanita yang Buka - bukaan Lewat Buku

Celebnews
Typography

C&R Digital - Dari sekian banyak jenis buku yang berkembang di Indonesia, salah satu yang kini perkembangannya sangat pesat adalah buku kisah hidup. Buku jenis ini banyak diminati karena pembaca bisa mengenal lebih dekat sang tokoh dan bisa menginspirasi pembaca lewat pengalaman sang tokoh. Berikut 10 buku kisah hidup yang diluncurkan seleb wanita Tanah Air :

Ruth Sahanaya

Dalam merayakan 30 tahun perjalanan kariernya di dunia musik, penyanyi Ruth Shanaya menandainya dengan merilis sebuah buku biografi pada 10 Mei 2015. Buku tersebut diberi judul Tiga Kali Sepuluh - (The Unheard Songs).

Banyak hal yang dibeberkan dalam buku itu, seperti jatuh bangun Ruth berkarier, kehidupan pribadi Ruth dengan suami, Jeffry Waworuntu. Dalam pengerjaannya, buku biografi itu ditulis oleh sahabatnya, Tamara Geraldine.

Krisdayanti
Penyanyi Krisdayanti merilis buku biografi nya pada tanggal 24 Juni 2009. Buku yang ditulis Alberthine Endah itu berjudul My Life, My Secret. Dalam buku tersebut Krisdayanti secara terang terangan mengungkap segala masa-masa kelamnya yang luput dari perhatian media. Ia mengakui pernah menjalani Operasi pelastik, kecanduan narkoba, dan pengalaman rumahtangganya.

Yulia Rachman
Setelah bercerai dengan pesulap Demian Aditya, artis Yulia Rachman menuangkan kisah hidupnya ke dalam sebuah buku berjudul Sujud Cinta Yulia. Lewat bukunya tersebut, Yulia blak-blakan menceritakan tentang kegagalan pernikahan yang pernah ia alami dan perjalanannya untuk memutuskan berhijab.

Ia berharap, dengan berbagai pengalaman, pembaca bukunya tidak terjebak dalam kesalahan yang pernah ia lakukan.

Shanty
Setelah menikah dan punya anak, penyanyi yang juga bintang film, Shanty memilih meninggalkan karier keartisanya dengan menetap di Hong Kong. Shanty sempat buka-bukaan tentang dirinya dalam buku berjudul Shanty: Bongkar Rahasia, Bagi Cerita. Buku tersebut ditulis Shanty bersama penulis Ve Handojo.

Dalam buku setebal 363 halaman itu, penyanyi kelahiran 30 Desember 1978 itu, mengungkap pengalaman pahitnya menjadi artis yang ikut casting dengan mengganti baju, dan ternyata ada kamera tersembunyi. Ia berharap dengan menceritakan kisahnya, semua orang tahu dan jangan sampai mengalami kejadian buruk seperti dirinya.

Peggy Melati Sukma
Peggy Melaty Sukma berani buka-bukaan lewat buku yang ditulisnya berjudul Kujemput Engkau di Sepertiga Malam. Buku itu bercerita banyak persoalan rumahtangganya dengan Wisnu Tjandra.

Perceraian membuatnya mendekatkan diri pada Tuhan dan akhirnya menjadi seseorang yang lebih baik. Peggy menuliskan pengalamannya dengan bahasa apik.

Julia Perez
Artis Julia Perez (Jupe) membuat buku kisah hidupnya dengan judul Jupe: My Uncut Story. Buku tersebut menceritakan awal kisah karier, asmara dan lika-liku kehidupannya, termasuk saat di penjara. Buku dengan tebal 161 halaman itu ditulis oleh Jupe dan diedit Moammar Emka serta Bayu Novrilianto.

Dalam buku yang diluncurkan pada 27 Oktober 2014 itu, Jupe juga membahas ukuran bra miliknya dan pengalam pahitnya diajak tidur pejabat.

Pevita Pearce
Bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke-22, Pevita memilih merayakan dengan merilis buku. Pada 6 Oktober 2014 lalu, Pevita meluncurkan buku pertama yang juga ditulisnya sendiri, Pevita Pearce Our Notebook: Peace in Mind, War at Heart. Buku itu mengisahkan masa lalunya.

Buku setebal 128 halaman itu bukan hanya berisi cerita tentang kisah asmara dengan pria yang berbeda-beda. Pevita juga mengungkapkan sisi kelam hidupnya. Namun kata Pevita, buku itu tidak sepenuhnya cerita nyata. Ada campuran dengan imajinasi, bahkan sengaja dilebihkan dengan tujuan mendramatisasi.

Shandy Aulia
Incomplete: My Life, My World, My Story. Begitulah judul buku yang diluncurkan Shandy Aulia pada 24 Januari 2014 lalu. Dalam buku setebal 272 halaman itu, Shandy mengisahkan bagaimana pahitnya hidup bisa menjadikan seseorang lebih kuat dan berpandangan positif.

Shandy memang lahir dari keluarga yang tidak utuh. Bukan hanya berbeda agama, kedua orang tuanya juga berbeda suku. Mereka pun bercerai saat Shandy masih belia. Meski begitu, ketidaklengkapan keluarga tidak membuat bintang Eiffel I'm in Love itu terpuruk.

Jessica Iskandar
Jessica Iskandar buka-bukaan soal pernikahannya dengan bangsawan asal Jerman, Ludwig Franz Willibald melalui buku berjudul Jedar Power: Love Life Lord yang terbit 22 Desember 2014.

Dalam buku setebal 153 halaman itu, Jessica mengungkap kisah indahnya menemukan lelaki pujaan, sampai pahitnya mendadak ditinggalkan.

Tina Toon
Mantan penyanyi cilik Tina Toon juga tak ketinggalan. Ia meluncurkan buku berjudul Metamorfosis yang Menakjubkan, Seorang Tina Toon. Buku itu diluncurkan persis pada hari ulang tahunnya yang ke-20.

Dalam bukunya, Tina bercerita bagaimana ia dahulu dicemooh kawan-kawan di sekolah karena obesitas, kini dikagumi. Tina menggandeng penulis Alia Fathiyah untuk menuangkan cerita dietnya dalam buku bertebal 100 halaman itu.