Cek & Ricek Gelar Perayaan Ultah ke-20 di Chakra Hall & Lounge The Breeze BSD City

Celebnews
Typography

 

C&R Digital -- Program infotainmen Cek & Ricek genap berusia 20 tahun, sementara Tabloid C&R berusia 19 tahun. Syukuran hari jadi media kembar itu dihelat di Chakra Hall & Lounge The Breeze BSD City, Tangerang Selatan, Jumat (25/8) malam.

“Usia 20 tahun adalah perjalanan panjang bagi sebuah institusi media pers, apalagi di tengah persaingan yang makin keras, ketat, kadang-kadang tak manusiawi dan brutal. Usia 20 tahun merupakan sebuah kemewahan dan rahmat dari Allah SWT,” kata H. Ilham Bintang, penggagas Cek & Ricek yang juga Direktur Utama Bintang Group.

Infotainmen adalah neologisme, atau kata bentukan baru yang menggabungkan information dan entertainment. Maknanya kira-kira, informasi seputar dunia hiburan.  Infotainmen sebenarnya istilah komersial stasiun televisi agar nama itu gampang dijual kepada para pemasang iklan. Nama tersebut pertama kali disematkan kepada Cek & Ricek, program yang digagas H. Ilham Bintang di RCTI, awal Agustus 1997 silam.

“Memang kamilah yang memelopori acara infotainmen di televisi dengan kemasan jurnalistik. Kami pulalah yang memulai era tabloid hiburan dengan penanganan redaksional yang terikat pada kaidah-kaidah jurnalisme yang universal,” kata Ilham Bintang.

Sejak awal Ilham menyadari, seringan apa pun informasi tentang figur publik, hendaknya dapat “diletakkan” dalam sebuah konfigurasi yang luas, supaya dapat dipertanggungjawabkan sebagai karya jurnalistik. Ilham bahkan berani men-declare : tabloid Cek & Ricek satu-satunya media infotainmen yang aman dibawa ke rumah. Dari cucu sampai kakek-nenek bisa mendiskusikannya bersama, tanpa khawatir ada foto seronok dan kata-kata tak senonoh.

Tayangan C&R juga tidak cukup cuma bagus secara teknis filmis dan estetis, untuk memenuhi kaidah media audio-visual. Para wartawannya harus bisa membuat setiap kata dan gambar yang ditayangkan punya kontribusi pada perbaikan kualitas hidup masyarakat.

Berkat komitmen itulah, Tayangan Cek & Ricek meraih sebelas Panasonic Award. Enam piala untuk C&R sebagai Tayangan Infotainmen Terfavorit, dan lima piala untuk Fanny Rahmasari sebagai presenter yang juga diraih secara berturutan.

Tabloid Cek & Ricek juga meraih penghargaan yang membanggakan. Di tahun pertama kelahirannya, ia meraih penghargaan sebagai Media Pendatang Baru Terbaik (1998). Penerbitnya, PT Bintang Advis Mega media meraih penghargaan Enterprise 50 (E-50) dari Majalah SWA (2005). Setahun kemudian Tabloid C&R menerima penghargaan dari Cakram Awards sebagai Tabloid Terinovatif 2006.

Terakhir, berbarengan dengan Hari Pers Nasional 2017, Tabloid C&R menerima sertifikat media profesional dari Dewan Pers. Panitia HPN 2017 di Ambon, Maluku, juga memberi Ilham Bintang penghargaan kepeloporan media katagori infotainmen.

Sejumlah artis lintas generasi dipastikan hadir di acara syukuran ulang tahun ke-20 Cek & Ricek. Mereka – antara lain --  Ferry Salim, Widyawati, Pangky Suwito-Yattie Octavia, Camelia Malik, Hetty Koes Endang, Baim Wong, Chaca Frederica, Dinda Kirana, Tina Toon, Ririn Ekawati, Jessica Mila, dan pengacara kondang Hotman Paris Hutapea.