Saipul Jamil Dituntut Empat Tahun Penjara Dalam Kasus Suap

Celebnews
Typography

 

C&R Digital -- Saipul Jamil hanya terdiam ketika Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut dirinya hukuman empat tahun penjara dalam kasus penyuapan dan denda Rp 100 juta subsider enam bulan kurungan. Tuntutan tersebut disampaikan dalam sidang di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu (19/7).

Pedangdut yang akrab disapa Ipul itu dinilai telah melakukan suap, memberikan hadiah atau janji kepada Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara Ifa Sudewi. Dia memberikan uang senilai Rp 250 juta untuk memuluskan vonis perkara pencabulan di bawah umur.

Saipul dinilai tak mengakui perbuatannya. Padahal, menurut jaksa, ia kerap berkonsultasi dengan kakaknya Samsul Hidayatullah dan sopir pribadinya Aminuddin terkait penangkapan kuasa hukum Berthanalia oleh KPK. Namun, dia tak mau pembicaraan dengan Aminudin diketahui dan menjadi bukti. "Terdakwa meminta kepada Aminudin membuang handphone dan mengganti nomornya. Nampak terdakwa sangat takut dan khawatir sehubungan dengan penangkapan Berthanalia," kata jaksa.

Seperti diketahui, saat ini Saipul masih menjalani masa hukuman selama lima tahun terkait kasus pencabulan anak di bawah umur. "Kecewa ya, tapi bismillah saja.‎ Ya harus sabar dan lihat nanti saja. Tim juga akan bantu semaksimal mungkin. Berapa pun hukumnya itu pasti berat ya, tapi bagaimana jalaninya aja. Ikhlas aja," ucap Saipul, usai menjalani sidang.

 Menurut Saipul Jamil, ia bukanlah seorang koruptor. Meski telah menyuap seorang panitera pengadilan, namun ia merasa tak pantas dihukum selama empat tahun. "Saya bukan koruptor, enggak makan uang negara dan enggak merugikan negara juga. Saya hanya dianggap menyuap, tapi enggak seperti itu sebenarnya," katanya.

Saipul Jamil pun hanya bisa berdoa dan berharap agar hukumannya tak sampai empat tahun. Meski sedih ia mengaku ikhlas menghadapi orang-orang yang dianggap telah menzalimi dirinya.