Tiga “Kartini”di Amerika Serikat Buat Film Tentang Bali

Celebnews
Typography

C&R Digital - R.A. Kartini dikenal sebagai pahlawan nasional yang memperjuangkan wanita. Di Amerika Serikat ada tiga wanita yang terus membawa semangat R.A. Kartini. Tiga Wanita tersebut adalah Livi Zheng, M.F.A, Dr. Juliana Wijaya, dan Desiana Pauli Sandjaja, M.A. Ketiga wanita ini memiliki latar belakang yang sangat berbeda, tapi mereka memiliki kesamaan bahwa mereka semua memiliki jiwa sebagai pengajar dan passion dalam bidang pendidikan, seperti R.A. Kartini.

Mereka tanpa henti mempromosikan Indonesia di Amerika Serikat dan dunia internasional. Kali ini ketiganya berkolaborasi untuk mengabadikan kebudayaan Bali melalui film Bali: Beats of Paradise yang rencananya akan dirilis bulan Mei 2017 ini.

“Bali: Beats of Paradise adalah sebuah film bertemakan gamelan dan tarian Bali. Film ini bukan hanya akan didistribusikan ke publik tapi juga akan menjadi bagian dalam kurikulum kelas yang diajarkan di University of California-Los Angeles (UCLA) dan University of Washington-Seattle (UW-Seattle) di tahun ajaran 2017-2018 nanti,”jelas Livi dalam wawancara tertulis , (19/4).

Sutradara film ini adalah Livi Zheng. Ia sudah menjadi dosen tamu dan pembicara di lebih dari 20 universitas, di antaranya University of Southern California, New York Film Academy, Los Angeles City College, dan Communication University of China.

Film Bali: Beats of Paradise akan diproduksi bersama dengan KJRI Los Angeles yang dipimpin oleh Bapak Konjen Umar Hadi. Salah satu event puncak peluncuran film ini adalah konser Bali: Beats of Paradise yang akan diadakan pada tanggal 4 Mei 2017 di Los Angeles.

Konser ini rencananya akan dihadiri oleh konsul dan dipomat dari bebagai negara dan juga jajaran pemerintah kota Los Angeles. Don Hall, Gubernur Oscar (Governor of the Motion Picture Academy of Motion Picture Arts & Sciences/ OSCARS, 6 terms, 18 years) juga akan menghadiri acara ini dengan keluarganya.

“Livi tidak bisa digggambarkan dengan hanya beberapa kata. Livi Zheng adalah seseorang yang sangat bertalenta dan memiliki pencapaian sebagai sutradara hebat. Mata industri film menatapnya dan tidak akan kecewa. Ini bukan hanya observasiku sebagai mentor, teman dan seniornya di film, akan tetapi dari semua yang pernah bekerja serta bertemu dengan Livi juga akan berkata sama. Livi adalah produser kreatif dan sutradara yang paling tepat untuk film Bali: Beats of Paradise ini” , ujar Don.

Film itu akan didistibusikan secara luas. Indonesia adalah negeri yang sangat kaya akan budaya, kita harus mengabadikan kebudayaan ini. "Masyarakat Indonesia di Los Angeles dan sekitarnya merepresentasikan Indonesia yang Bhineka Tunggal Ika. Keberagaman dan kekayaan budaya adalah fondasi persatuan bangsa; karena itu wajib kita pelihara dan perkuat,” ujar Konjen Umar Hadi yang baru saja dilantik menjadi Duta Besar Indonesia di Seoul, Korea Selatan.

Ia menambahkan, “Bertepatan dengan peringatan Hari Kartini, semua staf KJRI Los Angeles akan mengenakan pakaian tradisional dari berbagai daerah, sebagai simbol dukungan bagi Kartini-Kartini masa kini dimanapun mereka berkarya,"ucapnya.

 

BACA JUGA : 

Oblong Berlogo Melejit Lagi

Chemistry Raisa dan Isyana

Maudy Ayunda, Perang Melawan Perbudakan Modern