Mahersala Ali: Masuk Islam Secara Tidak Sengaja

Celebnews
Typography

 

C&R Digital - Kemenangan Mahershala Ali meraih Piala Oscar 2017 menjadi cerita tersendiri dalam sejarah penyelenggaraan tersebut. Pasalnya, Ali merupakan aktor muslim pertama yang meraih Piala Oscar.

Ali sempat berbagi cerita tentang keputusannya memeluk agama Islam di panggung SAG Awards 2017 yang digelar pada 29 Januari lalu.

Pemenang penghargaan Actor in a Supporting Role (Aktor Pendukung Terbaik) di ajang Academy Awards lewat film Moonlight ini menceritakan alasannya memeluk Islam, dan bagaimana Islam kini mempengaruhi gaya hidup serta karirnya.

Time menuliskan, Mahershala Ali tertarik untuk masuk Islam saat sang istri, Amatus tengah belajar akting di Experimental Theatre Wing, New York University. Kala itu, Amatus yang ingin masuk agama Islam, mengajak Ali untuk mengunjungi sebuah masjid di Philadelphia.

Di sana, Ali mengalami sebuah peristiwa yang tak dapat ia lupakan seumur hidupnya. Ali menangis tersedu saat mendengar khotbah dan doa.

"Aku tak mengerti mengapa aku menangis, karena doa itu (dibacakan) dalam bahasa Arab dan aku sendiri sama sekali tidak bisa berbahasa Arab. Aku terus menangis, sesuatu hal yang belum pernah kualami sebelumnya," ujarnya.

Setelah kejadian itu, ia kemudian seperti merasakan adanya dorongan yang sangat kuat untuk kembali ke masjid. Peristiwa yang sama pun kembali terulang, ia menangis tersedu-sedu lagi.

Saat itulah, seorang pria yang berada di sebelah Ali menepuknya dan menanyakan apakah ia seorang muslim. Setelah mengetahui bahwa Ali bukanlah muslim, pria tersebut lalu bertanya apakah ia mau menjadi mualaf.

"Aku jawab iya. Pria itu lalu membawaku pada imam, dan aku mengucapkan syahadat," kisah Ali, mengenang peristiwa yang terjadi pada 31 Desember 1999 tersebut.

Menurut Ali, apa yang menyentuh dirinya tentang Islam adalah karena fokusnya terhadap keesaan Allah, dan bahwa semua insan, termasuk Nabi Muhammad sendiri, adalah manusia.

 

BACA JUGA : 

SinemArt Hijrah dari RCTI ke SCTV

Kondisi Waljinah Membaik

Sastrawan Gerson Poyk Tutup Usia