Titik Puspa: Nyaman Pakai Popok

Celebnews
Typography

 

C&R Digital -- Masalah buang air menjadi permasalahan tersendiri bagi wanita terutama yang berusia lanjut.  Hal itu yang dirasakan artis senior Titiek Puspa. Beruntung Titiek mampu menemukan solusi terbaik.

"Kalau mau kemana-mana jadi nggak buru-buru ke toilet saat sudah nggak tahan. Apalagi di mall, sudah tempatnya jauh. Saat mau buang air kecil di situ aja, di popok," kata Titiek Puspa di acara Senam Ringan Lansia Lifree, Balai Sudirman, kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (14/5).

Toilet umum yang seringkali tak higienis bisa dihindari dengan penggunaan popok.

"Kita seperti perempuan tidak berhubungan dengan toilet umum. Kalau saya gak pakai, elap dulu, tutup pakai tisu, baru duduk. Enggak bisa lama-lama duduknya. Duduknya was-was juga. Kalau pakai Lifree, tinggal buang atau cuci terus pakai lagi," lanjutnya.

Secara medis memasuki usia di atas 50 tahun, kemampuan organ tubuh seseorang akan terus menurun. Termasuk mengendurnya otot panggul yang menyebabkan kebocoran urin (inkontinensia) sehingga seseorang tidak bisa menahan buang air.

"Biasanya orangtua, lagi bobok, pipis itu bisa jadi 3 kali. Kalau enggak pakai popok, bisa terganggu tidurnya. Kalau pakai popok tinggal pipis aja. Jadi tidurnya bisa terpenuhi. Kalau kita harus menahan pipis, bisa batu kan. Sangat berpengaruh," tuturnya.

Pelantun Kupu Kupu Malam ini mengatakan demi kenyamanan dan kesehatan rasa malu untuk menggunakan popok harus dihilangkan. "Sangat berguna untuk orangtua ini. Aku mau memberikan saran kepada orangtua, pakai popok biar tidurnya berkualitas," pungkasnya.