Saipul Jamil Kembali Diperiksa KPK

Celebnews
Typography

 

C&R Digital -- Penyidik KPK kembali memeriksa Saipul Jamil terkait dengan kasus dugaan suap terhadap panitera pengganti Pengadilan Negeri Jakarta Utara (PN Jakut) Rohadi. "Yang bersangkutan kembali diperiksa sebagai saksi," kata Kabag Pemberitaan dan Publikasi KPK Priharsa Nugraha di kantornya, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (19/7).

Ini kali kedua pedangdut yang akrab disapa Ipul diperiksa KPK. Sebelumnya, Senin (18/7), dia juga diperiksa penyidik KPK selama hampir 11 jam.

Kuasa hukum Ipul, Tito Hananya Kusuma, menyebutkan kliennya dicecar sekitar 50 pertanyaan. Selesai diperiksa Ipul tak banyak komentar. Ia langsung masuk ke mobil tahanan yang mengantarnya ke Rutan Cipinang.

Mengutip keterangan Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan, sumber uang suap berasal dari kantong Ipul. Namun Tito mengaku, Ipul tidak tahu menahu tentang uang yang diberikan kakaknya, Samsul Hidayatullah, kepada Rohadi.

"Bang Ipul memberi kuasa kepada kakaknya untuk menarik uang kapanpun untuk kebutuhan sehari-hari dan operasional persidangan, biaya pengacara dan saksi ahli. Bang Ipul tidak tahu secara detail uang tersebut. Tidak tahu uang Rp 300 juta yang diberikan kepada ibu Bertha (Berthanatalia)," jelas Tito usai pemeriksaan Saipul.

Rohadi ditangkap KPK saat menerima suap dari pengacara Saipul Jamil pada awal Juni 2016. Uang itu diyakini terkait vonis ringan Saipul Jamil di kasus pencabulan sehari sebelumnya. Selain Rohadi, mereka yang ditetapkan sebagai tersangka adalah Berthanatalia Ruruk Kariman (kuasa hukum Ipul), Kasman Sangaji (ketua tim kuasa hukum Ipul), dan Samsul Hidayatullah (kakak Ipul). Ketiganya kini meringkuk di sel tahanan.