Prilly Latuconsina, Mengunjungi Taman Bunga Tulip Keukenhof

Celebnews
Typography

C&R Digital -- Hari ketiga berada di Belanda, aku mengunjungi  taman bunga tulip Keukenhof di Kota Lisse, Belanda bagian barat. Aku kagum banget dengan pemandangan kota itu. Aku berfoto selfie dari semua arah. Semua pemandangannya keren. Jadi hasil foto-fotonya bagus banget.

Bukan aku saja sih yang norak berfoto-foto di sekitar taman bunga tulip itu. Semua turis juga demikian. Bahkan turis dari India dan Tiongkok selfie-nya lebih heboh lagi. Turis India sampai tidur-tiduran di samping bunga tulip. Gila kan? Sementara turis Tiongkok, mereka senang foto sambil duduk dan memegang bunga tulip yang masih di tanam.

Keukenhof merupakan taman bunga terbesar di dunia. Luasnya sekitar 35 hektare. Sebenarnya yang ditanam di taman itu bukan hanya bunga tulip. Ada juga bunga lain, misalnya mawar. Tetapi yang paling banyak memang bunga tulip.

Waktu aku mengunjungi Keukenhof, pas kebetulan sedang musim semi. Jadi semua bunga yang ada di taman itu sedang mekar. Indah sekali. Di Keukenhof juga ada wisata air. Jadi aku sempat mengelilingi taman itu dengan menumpangi perahu. Benar-benar pengalaman indah yang sangat mengesankan. Adanya kincir angin di tengah taman bunga itu semakin menambah suasana romantis.

Percaya atau tidak, dulunya Keukenhof itu merupakan kebun milik kerajaan. Hingga sekitar abad 17, kebun itu diisi dengan berbagai jenis tanaman bumbu untuk memenuhi kebutuhan masak di dapur kerajaan. Tapi pada sekitar abad 19 kebun itu diubah menjadi taman yang terbuka untuk dikunjungi masyarakat. Saat itu belum menjadi taman bunga tulip, masih taman biasa.

Lalu pada sekitar tahun 1950-an, taman itu sering digunakan untuk arena pameran  hasil pertanian bunga tulip para petani bunga se-Belanda. Hingga akhirnya taman itu ditanami bunga tulip semua. Mulailah dikenal sebagai taman bunga tulip.

Matahari sudah menyembunyikan diri. Kakiku juga sudah pegal. Aku pun kembali ke hotel.