Zaskia Sungkar, Kenalkan 'Batavia' di London

Celebnews
Typography

 

C&R Digital - Artis Zaskia Sungkar ikut berpartisipasi dalam ajang fashion show London Collection, Oxford Fashion Studio yang digelar di Devonshire Square London, Inggris, pada 19 September 2015 mendatang.

Di acara tersebut, istri Irwansyah itu akan meluncurkan koleksi terbarunya bertema Batavia.

Pemilihan tema Batavia karena terinspirasi dari budaya Jakarta tempo dulu. Rancangan busana itu memadukan unsur gedung perkotaan dengan landmark kota Jakarta sebagai simbol adat Betawi seperti motif tumpal dan kembang goyang.

Untuk bahan pakaian, Zaskia menggunakan bahan bridal supaya dapat mewujudkan cutting yang berstruktur dan koko seperti bagunan tinggi di Jakarta.

"Insyallah berangkat ke london besok (9/8). Rancangan baju saya total 12, tapi saya hanya bawa 6 koleksi baju aja, tapi 6 baju lagi, ku keluarkan disaat Jakarta Fashion Week nanti," kata Zaskia Sungkar saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (8/8).

"Saya dapat inspirasi dari budaya Jakarta karena suami betawi asli. Aku awalnya, nggak tahu kain betawi dan taunya kain yang dikasih mertua, aku modif supaya jadi the young generation, tetap ingat budaya dengan kekinian jadi mereka ingat jika memakainya," sambungnya.

Zaskia merasa senang bisa dikasih kesempatan mengikuti Fashion Show London Collection. Ia mengaku dipercaya lagi oleh pihak penyelenggara setelah melihat koleksi bajunya saat mengikuti fashion show di New York pada tahun 2014 lalu.

Bahan dan warna pakaian yang dipamerkan nanti lebih mengeksplor kebudayaan Betawi. "Warnanya clean fokus di detail. Batik betawi, warna vibrant dan cukup sulit karena biasanya aku monokrom. Soalnya, pas di NY, aku bawa kain tenun dan songket. Tapi, apakah orang disana tertarik dengan design saya atau tidak. saya beryukur, saya nggak persih diri awalnya tapi ternyata tiket sold out dan aku disamperin orang orang dan banyak tanya tanya soal rancangan pakaian saya mulai dari bahan hingga harganya, " tutur Zaskia.