Zaskia Sungkar, Modal Percaya Diri

Celebnews
Typography

 

 

C&R Digital - Tak banyak kesibukan Zaskia Sungkar belakangan ini di layar kaca. Zaskia memilih menolak tawaran berakting di sinetron yang datang kepadanya. Ia lebih banyak menghabiskan aktivitasnya di dunia bisnis. Salah satunya production house yang menggarap sejumlah tayangan televisi dan sinetron.

Kini, Zaskia mulai terjun ke bisnis pakaian. Tak tanggung-tanggung, ia punya dua lini pakaian, yakni Zaskia Sungkar (untuk kelas premium) dan HF by Zaskia Sungkar untuk pakaian ready to wear. Lini pakaian inilah yang membawa Zaskia bulan Februari lalu, unjuk karya di ajang New York Fashion Week 2015, di Amerika Serikat .

Dulunya putri pasangan Mark Sungkar dan Fanny Bauty ini mengawali kariernya di bidang akting. Hingga pada tahun 2008, mewujudkan cita-citanya menjadi penyanyi dengan membentuk grup duo vokal bernama The Sisters bersama adiknya, Shireen Sungkar. Album perdana mereka yang bertajuk The Journey of Love, dirilis pada 28 Juni 2008 dengan single hit berjudul Keajaiban Cinta.

Perubahan haluan karier Zaskia ke bisnis terlihat setelah dinikahi Irwansyah, 15 Januari 2011. Zaskia membuka usaha pertamanya, TK Khalifah di Bintaro, Tangerang Selatan. Bersama Irwansyah, tepatnya Oktober 2014 membuat sebuah e-commerce bernama Wokuwoku yang menjual segala busana dari beberapa selebriti. Di antaranya Vidi Aldiano, Natasha Rizki, Ricky Harun, Tantri ‘Kotak’, Chika Jessica, Ardina Rasty, Shireen Sungkar, dan Syahnaz Sadiqah.

Zaskia tak hanya mengembangkan bisnis busana muslim. Baru-baru ini ia diuji kemampuannya mendesain bukan baju, melainkan perhiasan. Ditemui Muhammad Andy dari C&R di acara Adelle Jewellery 'Diamond for Charity' di Trans Studio Mall, Bandung, Jawa Barat, belum lama ini, ia mengungkapkan rahasia di balik kesuksesannya. Tidak hanya itu, dia juga menuturkan impian bisnisnya hingga kemungkinan menjadi desainer perhiasan.

Berikut petikan wawancaranya:

Bagaimana konsep Anda dalam mendesain perhiasan?

Simpel saja. Saya mendesain lebih pada memadukan sama baju muslim agar jatuhnya apik. Karena masih banyak orang menggunakan gaya konvensional dalam mengenakan perhiasan. Padahal kalau kita mau mencoba mengkreasikannya, maka perhiasan akan lebih terlihat elegan. Misalnya, kita coba mengkreasikan liontin atau kalung yang biasa kita kenakan di leher menjadi perhiasan yang memperindah penampilan kepala.

Apakah bisa terlihat indah?

Ya harus pintar-pintar juga memilih busana dan warnanya saat akan dipadupadankan. Jangan sampai busana dan warnanya terlalu banyak dan membuat perhiasannya jadi enggak terlihat. Busana yang dipakai harus warna-warna gelap, jenisnya pun harus yang standar saja, jangan terlalu banyak corak. Sehingga perhiasannya akan lebih terlihat dan menimbulkan kesan elegan, tapi enggak norak.

Seberapa penting perhiasan bagi fashion?

Aku anggap sebagai pelengkap saja. Sebagai salah satu pendukung untuk fashion saja. Perhiasan merupakan sahabat dari fashion itu sendiri. Sama seperti fashion dan make-up. Enggak bisa dipisahkan. Misalkan pakai baju polos, dengan perhiasan yang bagus, bisa mengubah look-nya terlihat elegan.

Ada rencana membuka usaha khusus perhiasan atau aksesori desain sendiri?

Untuk saat ini belum ada rencana ke arah sana. Tetapi sebagai peluang usaha, enggak ada salahnya dicoba. Untuk saat ini saya melengkapi 9 butik yang telah ada dan lebih fokus ingin sekali mengembangkan usaha ini ke Timur, tepatnya di Dubai.

Kenapa memilih Dubai?

Karena market baju muslim di sana bagus dan berkembang cepat. Kalaupun akan mengembangkan usaha di sana tidak dilakukan tahun ini. Sudah mepet banget. Doakan saja semoga bisa segera buka di sana.

Bulan Ramadan tahun ini Anda lebih fokus ke bisnis daripada tampil di layar kaca?

Semua brand hijab saat Ramadan pasti pusing siapkan stok, pusingnya produksi jadi tambah banyak. Untungnya aku sudah menyiapkan produksi hijab sejak tiga bulan lalu. Jadi tidak terlalu menumpuk saat puasa. Ini akhirnya membuat kita tidak terlalu banyak tampil di televisi. Namanya juga berkah Ramadan, Alhamdulillah dapat rezeki.